14 April 2021 2:50 pm

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Hai, Pengunjung Busana Arafah! Kembali lagi nih sama aku. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Allah ya! Aamiin

Di artikel kali ini aku akan membahas tentang apa saja sihh keistimewaan dari malam lailatul qadar?

Pada bulan Ramadhan ini, salah satu yang ditunggu-tunggu oleh umat manusia diseluruh dunia adalah datangnya Lailatul Qadar. Karena malam tersebut dikatakan bahwa memiliki kebaikan setara dengan seribu bulan.
Dalam sebuah hadis melalui mujahid yang menceritakan, bahwasanya Rasulullah pernah menceritakan tentang seorang lelaki dari kalangan kaum Bani Israil, ia menyandang senjatanya selama seribu bulan untuk berjuang di jalan Allah.

Maka dari itu Allah menurunkan firman-Nya di dalam Q.S Al Qadr :


إِنَّآ أَنْزَلْنٰهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ ( ١ ) وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ( ٢ ) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ( ٣ ) تَنَزَّلُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِّنْ كُلِّ أَمْرٍ( ٤ ) سَلٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ ( ٥ )
Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu juga gurunya para malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (Q.S. Al-Qadr. 1-5).”
Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun kebumi maka suasana bumi akan akan berbeda pada biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk pada biasanya. Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah bagi orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan di doakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

Sejumlah ulama menyebut, di rahasiakannya datangnya malam Lailatul Qadar tersebut agar Umat Islam semakin memperbanyak amalan-amalan di malam-malam terakhir bulan Ramadhan. Umat Islam disarankan menjalankan sejumlah amalan sunah untuk menyambut datangnya malam Lailatul Qadar, malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan itu.
Jelang 10 hari terakhir Ramadhan 1442 H / 2021, kenali tanda-tanda malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar yang disebut sebagai malam yang lebih baik dari malam 1000 bulan diperkirakan datang di 10 hari terakhir Ramadhan. Meski tidak ada satupun yang tahu kapan malam Lailatul Qadar akan tiba, ada beberapa tanda yang membukukan datangnya malam penuh ampunan ini.

Berikut adalah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar, malam yang paling mulia di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Dalam beberapa riwayat disebutkan, tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah matahari tidak bersinar terik pada siang harinya, udara tidak terlalu panas ataupun dingin, suasana malam sangat hening dan tenang, dan bahkan tidak ada anjing yang menggonggong ataupun binatang yang bersuara.
Bila Anda merasakan tanda-tanda tersebut dan yakin bahwa itu adalah malam Lailatul Qadar, maka segeralah membaca doa berikut.
اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
"Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku"

Berikut 7 Keistimewaan pada malam Lailatul Qadar

1. Keutamaan malam lailatul qadar yang pertama adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an.


firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr. :
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…” (Q.S Al-Baqarah: 185)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1)

2. Keutamaan malam lailatul qadar yang kedua adalah malam tersebut lebih baik dari pada seribu bulan.


Allah SWT berfirman :
“Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr : 2 dan 3)
Banyak ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam lailatul qadar, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar.

3. Keutamaan malam lailatul qadar yang ketiga yaitu malam tersebut dipenuhi dengan berkah.


Allah SWT berfirman :
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3 sampai 5)

4. Keutamaan malam lailatul qadar yang keempat yaitu malam lailatul qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan.


Selain penuh dengan keberkahan, malam lailatul qadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian.

Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Qadr :
“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr : 5)

5. Keutamaan malam lailatul qadar yang kelima adalah pada malam tersebut, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi.


Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa.

Allah SWT berfirman:
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr : 4)

6. Keutamaan malam lailatul qadar yang keenam yaitu pada malam itu, dosa umat muslim akan diampuni.


Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :
“Barang siapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

7. Keutamaan malam lailatul qadar yang ketujuh adalah malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh kebaikan.


Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslimin mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.Namun bagi mereka yang mengabaikan malam tersebut maka akan menjadi orang-orang yang merugi, karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala dan keutamaan, yang bahkan setara dengan seribu bulan.

Rasulullah bersabda :
“Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).
Semoga apa yang saya paparkan diatas bermanfaat atau bisa menambah pengetahuan kita tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi kita semua untuk menjalankan Sunnah dan mengerjakan amalan-amalan pada malam Lailatul Qadar tersebut.

Terima kasih karena telah berkunjung! Semoga Dari Artikel Kali ini Bermanfaat Bagi Kita Semuanya! Aminn
sampai bertemu di lain artikel!

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Hubungi Kami :

Website : Busanaarafah.com
Blog Post Lainnya
@2021 Busana Arafah Inc.