-
15 Februari 2022 10:28 am

Pengertian Sarimbit, Contoh, dan Bahan-bahan

Pengertian Sarimbit, Contoh, dan Bahan-bahan

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


APA ITU SARIMBIT?


Istilah atau kata sarimbit sudah sering kita dengar. Tapi ada yang tau arti kata "Sarimbit"?

Nah, ini dia jawabannya.

Dulu, sarimbit sangat identik dengan baju batik, namun saat ini tidak sedikit yang memakai baju sarimbit dari bahan non batik, bisa jadi dari bahan polos, bahan motif atau kombinasi motif dan polos. Sarimbit sering juga disebut dengan nama seragam keluarga, baju pasangan atau baju couple. Mulanya adalah seragam yang dipakai dalam acara adat pernikahan. Di mana orangtua kedua mempelai memakai baju dan kain tradisional yang sama motif.
Kuat sekali indikasi sarimbit berasal dari tradisi memakai batik. Dari kain batik ini pula, kepopuleran sarimbit berasal. Produsen batik membuat bahan batik yang sudah terpola untuk kemeja pria dan pasangannya. Kini sarimbit juga dikenal dengan istilah "busana couple". Tidak lagi terbatas pada busana motif batik tapi meluas menjadi seragam untuk keluarga, mulai dari kakek-nenek, suami-istri, hingga anak-cucu.

Nah, sebelum kamu memilih baju sarimbit ada tiga hal yang perlu diperhatikan, antara lain:


1. Bahan yang nyaman 
Bahan baju yang dipakai adalah hal utama terciptanya kenyamanan dalam beraktivitas. Bahan yang cocok untuk busana muslim seperti sarimbit adalah katun yang berkualitas tinggi, karena katun memiliki kelebihan yaitu, bahan nya tidak panas, kuat, dan juga tidak kasar sehingga nyaman di kulit.
2. Motif yang serasi 
Pakailah busana muslim memiliki motif yang variatif, namun sederhana. Pilihan motif yang tepat tentunya akan menunjang penampilan kamu sekeluarga. Biasanya, meskipun warna dan motif sama, toko atau pembuat baju akan memilih untuk membedakannya seperti, warna anak akan memiliki tingkat yang lebih cerah dibanding kedua orang tuanya, jika dalam motif, penempatan motif antara laki-laki dan perempuan juga akan berbeda.
3. Hindari aksesori berlebihan 
Memakai perhiasan sebenarnya adalah sesuatu yang tidak dilarang, akan tetapi dalam penggunaannya juga tidak boleh berlebihan ya. Biasanya baju sarimbit sudah penuh dengan motif, agar outfit tidak terkesan ramai maka hindari penggunaan aksesori terlalu banyak.

Berikut adalah beberapa contoh sarimbit by Busana Arafah


SRB 02 Cream
SRB 02 Cream

SRB 02 Grey
SRB 02 Grey

SRB 01 Rose Pink
SRB 01 Rose Pink


SRB 01 Lilac
SRB 01 Lilac


Semoga apa yang saya paparkan dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Terima kasih karena telah berkunjung! semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua aminn.

Sampai bertemu di lain artikel.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Hubungi Kami :

Website : Busanaarafah.com








Blog Post Lainnya
@2024 Busana Arafah Inc.